Rabu, 27 Februari 2013

X-Badeng Adventure: Adrenalin dalam sebuah Ban


Mengisi liburan terkadang tidak harus dengan melancong keluar kota atau ke tempat wisata dengan permainan-permainan yang canggih. Mencoba kembali alam dan menyiapkan adrenalin ternyata cukup ampuh untuk me-refresh otak dari rasa penat kesibukan kuliah dan juga kerja. Dengan berbekal hal itu, saya beberapa teman dari Paguyuban Jebeng Thulik menjajal keberanian untuk menyusuri sungai Badeng dengan menggunakan Ban. Yaps..arung jeram dengan menggunakan Ban atau yang lebih dikenal dengan Tubing ini berada di Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Tempat yang lebih populer dengan nama X-Badeng Adventure ini, akan menguji adrenalin kita dengan menyusuri Kali Badeng (read:Sugai Badeng). Kali Badeng ini memang terkenal dengan arusnya yang deras dan airnya yang segar serta dingin, karena memang kecamatan songgon berada di lokasi yang lumayan tinggi. Tempat wisata ini pun terbilang baru, masih sekitar satu tahunan dikelola.  Untuk menuju tempat ini, bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi motor atau mobil. Jika dengan kendaraan umum dan anda dari arah Banyuwangi Kota, maka anda harus naik angkot dari pertigaan kantor pos rogojampi untuk menuju ke Songgon, kemudian turun pasar songgon dan selanjutnya bisa naik ojek.  Jika anda dari Kecamatan Genteng, maka anda harus berhenti di pertigaan pasar Gendoh dan naik angkot jurusan Sragi.

Bersama teman-teman dari Pagutuban Jebeng Thulik
Sampai di lokasi, kami pun segera bertransaksi dengan pengelola X-Badeng Adventure dan memilih jalur tubing extreme 2 dengan jarak tempuh kurang lebih 3,5 km dengan estimasi waktu 1,5 jam. Ada dua jalur yang ditawarkan, yaitu Extreme Satu dan Extreme Dua. Extreme Satu dengan jarak kurang lebih 6-7 km dan waktu tempuh 3-4 jam. Karena masih pemula, maka saya dan teman-teman memilih jalur Extreme Dua dengan harga IDR 40 dan tambahan IDR 5 untuk foto. Setelah memasang semua perlengkapan pengaman, saya dan teman-teman Jebeng Thulik menuju ke start arung jeram dengan menggunakan mobil pick up. Dan amazing...pemandangan yang ditawarkan selama perjalanan menuju start sangat luar biasa indahnya. Hutan pinus yang menghijau serta udaranya yang sangat sejuk membuat perjalanan menjadi sangat menyenangkan.

Perjalanan menuju start dengan pemandangan hutan yang indah
Sampai di start, dilakukan briefing serta pengenalan medan yang akan ditempuh, selanjutnya dilakukan pemanasan  dengan olahraga ringan dan berdoa. Guys....ambil Ban kalian satu persatu....dan klik! Berfoto terlebih dahulu dengan Ban atau Tubing masing-masing..dan inilaaah saatnya petualangan itu dimulai. Satu persatu mulai mencemplungkan diri ke Sungai Badeng dengan Tubingnya...dan meluncuuuurrrr......


Pemanasan dan briefing sebelum meluncurrrr...
Ini sangat seru dan menegangkan, dimana kita harus bertanggung jawab mengontrol laju bergeraknya tubing kita masing-masing bukan dalam sebuah tim selayaknya arung jeram dengan menggunakan perahu karet.  Arus Sungai Badeng yang deras sempat membuat saya beberapa kali terbawa arus dan lepas dari tubing. Tapi, jangan khawatir anda akan tetap aman, karena sudah ada petugas yang siap siaga menolong anda ketika anda terbawa arus. Namun, menurut saya, ketika kita terbawa arus atau jatuh dari tubing, itulah hal yang sangat menyenangkan..hehehe. Di tengah perjalanan, terdapat sebuah Dam Sungai dengan ketinggian kurang lebih 2 meter, dan kita akan meluncur dengan menggunakan tubing masing-masing. Dengan bantuan petugas, satu persatu akan diluncurkan dari atas Dam menuju dasar...daaan...lets go...teriaklaaahh....!!!!


Meluncuuurrr,...
Jatuh itu malah bikin seruuuu..hehehe
Arus Sungai Badeng yang menjadi jarur arung memang menantang

Sepanjang perjalanan menyusuri Sungai pemandangan yang ditawarkan pun sangat indah, mulai dari persawahan, perkebunan, tebing, hingga bebatuan yang luar biasa. Perjalanan pun diakhiri dengan makan bersama yang sudah disediakan oleh pengelola X-Badeng Adventure. Ingin merasakan sensasinya? Anda bisa langsung menuju ke X-Badeng Adventure yang berada di Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi dan bisa menghubungi pengelola terlebih dahulu CP Yusuf 085259077923 – 085236034505. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar